apa itu Android?


Hari ini saya bersyukur masih diberi kesempatan untuk menulis sebuah artikel tentang Android. Apa itu Android? Sebelum menjelaskan secara panjang kali lebar , saya dulu merupakan pengguna setia Smartphone berbasis Symbian, tapi sekarang agak sedikit main serong sama Android hehe, gak papa kan pembaca semuanya hehe biar kelihatan gak ketinggalan zaman.
Android merupakan system operasi (OS) untuk perangkat mobile dan tablet yang berbasis linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka. Android atau biasa disebut oleh orang Indonesia sebagai kolor ijo eh robot ijo hehe merupakan salah satu OS yang sangat populer di Dunia. Android dari sejak rilis tanggal 22 Oktober 2008 sampai sekarang telah berhasil menelurkan berbagai macam versi Android sebagai berikut :
1. android versi 1.1

Pada tanggal 9 maret 2009, Google telah merilis Android versi 1.1. android pada versi ini telah dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam, voice search, pengiriman pesan menggunakan Gmail dan pemberitahuan email.
2. android versi 1.5 (Cupcake)
Pada bulan mei 2009 Google kembali merilis OS Android dengan pembaruan meliputi mengupload video ke youtube dan upload gambar langsung ke picasa, kemampuan terhubung secara langsung ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang disesuaikan dengan system.
 3. android versi 1.6 (Donut)
Versi ini dirilis pada bulan September 2009 dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya. Penggunaan baterai indicator dan control applet VPN, CDMA/EVDO, 802.1x, VPN Gestures, dan Text To Speech engine, kemampuan dial kontak, kemampuan text to change speech dan pengadaan resolusi VWGA.
4. android versi 2.0/2.1 (Éclair)
Pada tanggal 3 Desember 2009 kembali meluncurkan Android dengan versi 2.0 (Éclair) , perubahan meliputi pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak baru, dukungan flash untuk kamera 3.2 MP, DIGITAL ZOOM dan Bluetooth 2.1
5. android versi 2.2 (Froyo/Frozen Yoghurt)
Pada bulan mei 2010 Google merilis lagi Android untuk versi 2.2 (Froyo). Fitur yang tersedia pada versi ini seperti mendukung media : audio, video dan berbagai macam format gambar (MPEG4, H.24, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF), Bluetooth, GS, EDGE, 3G dan Wifi. Kamera Global Positioning System (GPS) dan accelerometer.
6. android versi 2.3 (Gingerbread)
Android versi ini diluncurkan pada bulan Desember 2010. Adapun perubahan yang terjadi pada versi ini meliputi :
  • SIP-Based VoIP
  • Near Field Communications (NFC)
  • Gyroscope dan sensor.
  • Multiple cameras support
  • Mixable audio effects
  • Download manager

7. android versi 3.0 (Honeycomb)
Android versi ini dirilis pada bulan Februari 2011 sebagai android 3.0 , untuk revisi kedua telah dirilis pada bulan Juli 2011. Beberapa hal yang baru pada versi ini adalah pengoptimalan dukungan tablet dengan antarmuka pengguna virtual baru dan “holografis”, menambahkan system bar, member akses cepat pada notifikasi, status, dan tombol navigasi lunak yang berada pada bagian bawah layar.
8. android versi 3.1 (Honeycomb)
Android pada versi ini telah dirilis bulan Mei 2011, sedangkan Android 3.1 revisi 2 juga dirilis pada bulan Mei 2011, serta Android 3.1 revisi 3 dirilis pada Juli 2011
9. android versi 3.2(Honeycomb)
Android versi ini dirilis pada bulan Juli 2011
10. android versi 4.0(Ice Cream Sandwich)
Android versi ini dirilis pada bulan November 2011
12. android 4.1 (Jelly Bean)
Android versi ini dirilis pada tanggal 27 Juni 2012. Jelly Bean adalah pembaruan penting yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan kinerja antar muka pengguna (UI)
13. android 4.2 (Jelly Bean)
Versi ini dirilis pada tanggal 13 November 2012
14. android 4.3 (Jelly Bean)
Versi ini dirilis pada tanggal 24 Juli 2013. Nexus 7 generasi kedua adalah perangkat pertama yang menggunakan system operasi ini .
15. android 4.4 KitKat
Versi ini dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013
16. android 5.0 Lollipop
menurut kompas dibuat untuk digunakan di dunia yang membutuhkan perangkat berbeda-beda dalam interaksi sehari-hari. "Dengan makin banyaknya perangkat yang terhubung, Anda berharap agar semua perangkat akan saling mendukung,".
sebagai contoh, pengguna kini tetap bisa melanjutkan pemutaran lagu dari satu perangkat ke perangkat lain, melihat foto, menjalankan aplikasi, dan bahkan keyword pencarian yang dilakukan dengan perangkat Android.

Dengan demikian, pengguna seolah mendapatkan pengalaman yang sama walau sebenarnya menggunakan perangkat yang berbeda-beda. Pendekatan inilah yang oleh Google disebut dengan "Material Design".
nah itu tadi penjelasan tentang macam-macam versi android, semoga bisa menjadi tambahan wawasan bagi para pembaca dan juga bagi penulis hehe

No comments for "apa itu Android?"